Instant Internet Business Ideas
Minggu, 18 Oktober 2009

Bunga yang sedang kehilangan wanginya


Dalam dunia yang sangat ramai sekarang ini, pernahkah anda berada di suatu taman dan mencium kembang mawar yang ada disana? Anda jangan heran jika ternyata anda tidak mencium wangi apa-apa. Para peneliti mengatakan bahwa berbagai kembang termasuk mawar sedang kehilangan wanginya dan mereka sedang mencari cara bagaimana mengembalikan wangi kembang tersebut.

Berita yang tidak menyenangkan ini datang dari Natalia Dudareva, profesor pembantu di bidang biologi reproduktif Departemen Horticulture and Landscape Architecture at Purdue University di Indiana.

Natalia kecewa karena banyak kembang yang tidak lagi memiliki wangi yang sama seperti dulu – dan bahkan ada yang sudah tidak memiliki aroma sama sekali dibanding dengan kembang serupa di zaman dulu. Alasannya adalah metode-metode pembiakan tanaman moderen yang digunakan oleh industri kembang telah mengurangi wangi dari kembang-kembang terkenal.

Alan Blowers, kepala bioteknologi kembang untuk Ball Helix, sebuah perusahaan biotek di Chicago Barat, Illionis, mengatakan bahwa warna mendapatkan prioritas utama saat pembiakan dilakukan. Karena para pelaku hanya berupaya untuk meningkatkan kulitas bunga – bentuk dan ukurannya – maka ini berpengaruh terhadap aroma bunga tersebut.

“Persilangan selektif telah mengurangi wangi kembang menjadi hampir tidak berbau sama sekali. Kembang-kembang dibiakkan untuk warna, ukuran dan umur panjang tanpa ada perhatian terhadap wanginya. Wangi flora hilang, dan tidak ada yang tahu kenapa,” kata Dudareva.

Sekarang ini dia dan rekan-rekannya sedang mencari cara untuk mengembalikan wangi-wangi seperti dahulu dan kemungkinan memanipulasi wangi yang baru. Penelitiannya akan menguntungkan bukan hanya hortikulturis tetapi juga agrikulturis. Masa depan seluruh jenis tanaman tergantung pada polinator serangga yang tertarik terhadap wangi kembang. Tanpa serangga-serangga ini, tanaman-tanaman tidak bisa berkembang biak dan akan mati.

Wangi dihasilkan oleh senyawa-senyawa volatil pada tanaman dan memiliki beberapa kegunaan penting. Wangi tidak hanya menjadikan bunga berbau harum tetapi juga menarik serangga polinator dan menolak hama. Senyawa-senyawa volatil ini juga digunakan untuk memberi sinyal tanaman lain.

“Tanaman menggunakan wangi flora untuk menarik polinator atau untuk menolak serangga berbahaya. Wangi flora mulai terbentuk sebagai minyak yang dihasilkan oleh daun bunga pada kebanyakan tanaman. Karena minyak-minyak ini mudah menguap pada suasana panas, maka para ilmuwan menyebutnya sebagai senyawa volatil. Aroma bunga bisa mengandung antara tujuh sampai sepuluh minyak berbeda, seperti pada bunga snapdragon atau petunia, atau bisa mencapai 100 zat kimia berbeda, seperti pada bunga anggrek,” papar editor ScienceDaily.com

“Ada beberapa contoh tanaman yang telah terinfeksi dengan sebuah virus dan telah melepaskan senyawa volatil yang mensinyalir tanaman lain untuk memasang sistem pertahanan terhadap virus tersebut,” tambah Dudareva.

Dengan memahami bagaimana senyawa volatil dihasilkan dan gen-gen apa yang terlibat, Dudareva berharap untuk menghasilkan lebih banyak kembang-kembang yang berbau lebih harum dan bahkan mengontrol saat pelepasan wanginya.

“Industri flora tertarik dalam menghasilkan kembang-kembang yang semerbak mewangi di malam hari, ketika kita berada di rumah saat pulang kerja. Petunia merupakan salah satu jenis kembang yang melespakan aroma wanginya di malam hari, jadi kita tentu dapat meniru ini. Tetapi sebelum kita membuat kembang yang lebih wangi di malam hari, kita perlu mengembalikan aroma wangi sebagian besar bunga yang telah hilang,” paparnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History

Today's Birthday

In the News

Quote of the Day

Spelling Bee
difficulty level:
score: -
please wait...
 
spell the word:

Match Up
Match each word in the left column with its synonym on the right. When finished, click Answer to see the results. Good luck!

 

Hangman
SEO Complete Guide for Wordpress

About Me

Foto saya
manusia biasa yang ingin menjadi luar biasa. Enjoy Aja ...!!!

Visitor

Blog Archive

Tampilkan Semua Posting