Instant Internet Business Ideas
Minggu, 18 Oktober 2009

Peter Agre, Penemu Water Channels


Peter Agre dilahirkan di Northfield pada tanggal 30 Januari 1949. Dia adalah seorang profesor di Departemen Kimia St. Olaf College yang kemudian berubah menjadi Augsburg College. Pada tahun terakhir sekolah menegahnya, dia bekerja pada shift malam untuk mengemudikan truk pada sebuah pabrik pembuatan suku cadang alat militer yang digunakan pada perang Vietnam. Dia mengambil mata pelajaran kimia pada pendidikan pra kedokteran di Augsberg College dan lulus pada tahun 1970. Kemudian, dia masuk sekolah kedokteran di Johns Hopkins University lulus dengan gelar M.D. Pada tahun 1974, dia memperoleh beasiswa postdoctoral dengan topik pemurnian toksin E. Coli. Dari tahun 1975 sampai 1978, dia mengikuti training dalam bidang internal medicine di Case Western University Hospitals of Cleveland. Pada bulan juni 1978, dia memulai program beasiswa di bidang hematologi dan onkologi di University of North Carolina, bekerja sebagai dokter di rumah sakit militer Fort Bragg dan bergabung dengan Wellcome Labs. Pada tahun 1981, dia pindah ke Departemen Kesehatan dan Biologi Sel di John Hopkins. Pada tahun 1993 dia bergabung dengan Departemen Kimia Biologis sebagai profesor penuh. Pada tahun 2005, dia bergabung dengan Duke University Medical Center sebagai Vice Chancellor for Science and Technology dan profesor biologi sel di James B. Duke.

Salah satu kajiannya adalah mempelajari spherocytosis yang membahas bahwa tingkat defisiensi spektrin berhubungan dengan masalah klinis suatu penyakit. Dia mengisolasi dua jenis protein membran darah manusia – 32 kDa Rh dan protein kedua dari 28 kDa. Protein 28 kDa ditemukan melimpah pada membran sel darah merah (kira-kira 200.000 copy per sel), renal proximal tubules, dan pada lapisan tipis loop of Henle. Membran protein ini menunjukkan perilaku yang sama dengan membrane-spanning homotetramer. Protein 28 kDa memberikan efek dapat ditembus air dan menjadi saluran air dalam membran. Membran ini dinamakan "aquaporin” dan secara resmi disebut dengan AQP1. membran ini terlibat dalam proses pergerakan air dari dan ke dalam sel.

Dia mendapatkan 1991 Young Investigator Award from the Eastern Section of the American Federation of Clinical Research dan 1999 Homer Smith Award. Pada tahun 2003, dia berbagi hadiah Nobel Prize di bidang kimia dalam penemuan water channels bersama Roderick MacKinnon yang memperoleh nobel tersebut untuk kajian struktural dan mekanistik ion channel.

Dia merupakan anggota National Academy of Sciences, Institute of Medicine, dan American Academy of Arts and Sciences. Dia menikah dengan Mary Macgill pada tanggal 29 maret 1975 dan dikaruniai tiga anak perempuan dan satu anak laki-laki.

0 komentar:

Posting Komentar

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History

Today's Birthday

In the News

Quote of the Day

Spelling Bee
difficulty level:
score: -
please wait...
 
spell the word:

Match Up
Match each word in the left column with its synonym on the right. When finished, click Answer to see the results. Good luck!

 

Hangman
SEO Complete Guide for Wordpress

About Me

Foto saya
manusia biasa yang ingin menjadi luar biasa. Enjoy Aja ...!!!

Visitor

Blog Archive

Tampilkan Semua Posting