Instant Internet Business Ideas
Minggu, 18 Oktober 2009

Kulit Buatan Berhasil Diproduksi Melalui Proses Otomatis


Kulit buatan telah lama menjadi impian para ahli farmasi, kimia, dan kedokteran. Berbagai riset telah lama menuntut adanya kulit buatan dalam skala besar sehingga dapat dipakai sebagai permodelan ketika melakukan uji sensitivitas produk, seperti krim, sabun, pembersih, obat, serta perban perekat. Uji produk secara langsung pada kulit manusia tentunya akan lebih efektif dan akurat dibandingkan uji pada kulit hewan eksperimen. Adapun kendala yang ditemui adalah terbatasnya ketersediaan kulit buatan tersebut. Proses produksi yang kompleks dan membutuhkan banyak tenaga manual membatasi produksi kulit buatan pada jumlah 2000 lembar perbulan.

Rekayasa jaringan itu sendiri sebenarnya masih merupakan ilmu yang mentah sehingga produk kulit buatan yang selama ini ada hanya berupa lapisan tunggal dengan jenis sel yang sama. Namun, salah satu perusahaan kulit, yaitu Fraunhofer Institute for Interfacial Engineering and Biotechnology IGB, memiliki akses pada paten kulit buatan berlapis ganda yang tersusun atas lebih dari satu macam sel. Produk buatan mereka merupakan representasi yang paling mendekati kulit asli dibandingkan produk-produk lainnya yang ada di pasaran pada saat ini.

Tim gabungan peneliti dari berbagai bidang di Fraunhofer sedang mengembangkan produksi otomatis pertama untuk membuat model kulit lapis ganda. Dalam proses konvensional, proses awalnya adalah sterilisasi sampel kulit, lalu pemotongan sampel tersebut menjadi bagian-bagian yang sangat kecil. Selanjutnya, kulit tersebut dipisahkan menjadi dua fraksi dengan bantuan enzim, kemudian kedua fraksi itu diperbanyak. Tahap berikutnya adalah mengkombinasikan dua tipe sel yang ada menjadi kulit berlapis ganda, berikut dengan tambahan kolagen pada lapisan kulit paling bawah (dermis) untuk memberikan efek elastis yang alami. Pada kondisi lembab dengan temperatur yang menyerupai suhu tubuh, dibutuhkan waktu kurang dari tiga minggu hingga kulit buatan tumbuh dengan sempurna (diameter sekitar 1 cm). Meskipun tingkat keberhasilannya tinggi, metode ini masih dianggap tidak efektif karena tenaga manual yang dibutuhkan sangat besar.

Oleh karena itu, para ahli sains dan teknik dari keempat institusi Fraunhofer bekerja sama untuk mengembangkan dan menyempurnakan mesin yang dapat mengerjakan keseluruhan proses produksi kulit secara otomatis, termasuk melakukan validasi dan integrasi pada mesin tersebut agar dapat bekerja secara akurat. Hasil kerja keras mereka pun terbayar ketika setahun kemudian mereka berhasil menginisiasi 8 prosedur paten.

Pada acara BIO tahun 2009 di Atlanta, stan Fraunhofer-Gesellshaft mempresentasikan permodelan komputer dari sistem produksi mereka secara keseluruhan, berikut dengan tiga submodul terpenting. Modul pertama meliputi persiapan sampel jaringan dan isolasi dua tipe sel kulit; modul kedua merupakan tahap proliferasi atau perbanyakan sel. Model kulit yang utuh dan sempurna dikultivasi pada modul ketiga. Terakhir, ada proses pengemasan yang dilakukan oleh robot.

Para peneliti tersebut mengakui bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk menyempurnakan mesin rakitan mereka. Beberapa parameter penting yang mereka pertimbangkan antara lain kualitas sampel kulit, durasi kerja enzim, serta viskositas larutan. Selain itu, kultur sel membutuhkan sistem kontrol yang teliti untuk mencegah kontaminasi jamur atau bakteri sepanjang proses produksi. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, mereka merencanakan akan selesai dalam waktu dua tahun. Targetnya adalah produksi 5000 lembar model kulit dengan kualitas sempurna, namun dengan harga di bawah 34 euro.

Jika target ini tercapai, bukan hanya industri farmasi yang akan bersuka cita, tapi juga para dokter bedah yang dapat menggunakan kulit buatan tersebut untuk transplantasi. Demi memuaskan keinginan dokter-dokter bedah, tim Fraunhofer pun menjawab dengan melakukan penelitian untuk menambah pembuluh darah buatan di dalam kulit buatan tersebut. Dengan demikian, dapat dihasilkan kulit buatan yang berfungsi seperti layaknya kulit alami.

0 komentar:

Posting Komentar

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History

Today's Birthday

In the News

Quote of the Day

Spelling Bee
difficulty level:
score: -
please wait...
 
spell the word:

Match Up
Match each word in the left column with its synonym on the right. When finished, click Answer to see the results. Good luck!

 

Hangman
SEO Complete Guide for Wordpress

About Me

Foto saya
manusia biasa yang ingin menjadi luar biasa. Enjoy Aja ...!!!

Visitor

Blog Archive

Tampilkan Semua Posting