Instant Internet Business Ideas
Minggu, 18 Oktober 2009

Pembentukan Struktur Tiga Dimensi dengan Origami DNA


Dengan menggabungkan seni melipat kertas atau origami dan nanoteknologi, peneliti di Dana-Farber Cancer Institute telah melakukan pelipatan-pelipatan DNA menjadi objek berlapis banyak, serta berdimensi ribuan kali lebih kecil dari ketebalan rambut manusia. Struktur-struktur kecil tersebut dapat menjadi cikal bakal peralatan biomedis berukuran nano. Salah satu peran pentingnya adalah menyusupkan obat ke dalam sel secara spesifik.

Meskipun struktur dari satu strand DNA pernah dibuat sebelumnya, William Shih, PhD, menyatakan bahwa proses multilayer yang ditemukan oleh ia dan timnya memungkinkan DNA untuk dibentuk menjadi struktur tiga dimensi apapun. Objek yang berlapis-lapis akan lebih kompak dan stabil sehingga dapat bertahan di dalam lingkungan intraseluler yang cenderung ‘kacau balau’.

Dalam teknik ini, sama halnya dengan cara kerja pembuat origami, para peneliti tersebut melipat-lipat strand DNA untuk digunakan sebagai komponen penyusun, bukan sebagai cetakan protein. Shih beserta timnya berhasil mengkonstruksi berbagai bentuk dengan memakai strand DNA, antara lain tanda silang dan salib, kotak, serta jembatan. Origami DNA merupakan sebuah langkah maju dalam riset nanoteknologi, di mana atom dan molekul digunakan sebagai bagian-bagian penyusun sebuah struktur baru yang dapat digunakan dalam bidang medis, elektronik, dan sebagainya. Hal yang paling menarik bagi para peneliti tersebut adalah kemungkinan bahwa teknik ini dapat digunakan untuk membuat tiruan dari berbagai komponen sel, misalnya organel-organel transport.

Pada prinsipnya, origami DNA dibuat dengan cara melipat-lipat DNA rantai ganda seperti sebuah kipas. Lipatan-lipatan tersebut diikat dengan DNA rantai pendek seperti sebuah kawat jepret. DNA padat yang telah dilipat dan ‘diikat’ membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk dipesan melalui produsen. Untuk membuat struktur yang kita inginkan, DNA tersebut tinggal dipanaskan agar terurai, dibentuk dengan menggabung-gabungkan DNA rantai ganda sebagai struktur utama dan DNA rantai pendek sebagai pengikat, lalu didinginkan untuk menjaga agar bentuknya tidak berubah kembali. Proses tersebut memprogram DNA hasil untuk mempertahankan bentuknya sehingga dapat dicetak ribuan kopi baru sesuai dengan kebutuhan. Pembentukan DNA ini membutuhkan waktu maksimal seminggu, dan hasilnya dapat diamati di bawah mikroskop elektron.

Salah satu manfaat penting dari teknologi ini adalah sebagai solusi dari transport obat ke dalam sel. DNA origami dapat memfasilitasi masuknya obat-obatan ke dalam sel menembus pertahanan pada membran sel tersebut. Selain itu, DNA ini juga dapat digunakan dalam diagnosa skala seluler untuk menentukan konsentrasi dari suatu substansi. Secara keseluruhan, trik DNA origami merupakan ide cemerlang untuk mengakali evolusi sel yang butuh waktu jutaan tahun. Melalui DNA ini kita dapat melakukan apa yang telah dilakukan alam dalam waktu yang jauh lebih cepat sehingga terbukalah pintu bagi berbagai inovasi dalam bidang biologi sel dan molekuler.

0 komentar:

Posting Komentar

Word of the Day

Article of the Day

This Day in History

Today's Birthday

In the News

Quote of the Day

Spelling Bee
difficulty level:
score: -
please wait...
 
spell the word:

Match Up
Match each word in the left column with its synonym on the right. When finished, click Answer to see the results. Good luck!

 

Hangman
SEO Complete Guide for Wordpress

About Me

Foto saya
manusia biasa yang ingin menjadi luar biasa. Enjoy Aja ...!!!

Visitor

Blog Archive

Tampilkan Semua Posting